Jaringan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan prioritas masyarakat saat ini. Kebutuhan ini perlu ditunjang jaringan yang cepat dan stabil sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Namun, seringkali jaringan internet juga dapat melambat karena beberapa faktor. Agar mempermudah untuk memperbaiki jaringan internet yang lambat atau bermasalah, berikut beberapa permasalahan yang sering terjadi dan Anda perlu tahu sehingga penanganannya lebih tepat.


1. Bandwidth yang terbatas


Kestabilan jaringan internet tergantung dengan bandwith atau kapasitas data internet yang dikirimkan pada waktu tertentu. Bandwidth bergantung pada user yang menggunakan internet. Kapasitas yang ditampung oleh bandwith merupakan kapasitas maksimum, sehingga ketika pengguna internet melebihi kapasitas, maka jaringan internet Anda akan melambat. Untuk mengatasi ini, Anda perlu meningkatkan kapasitas maupun kecepatan internet yang digunakan.

Dalam penggunaan internet kantor, bagian IT dapat memanajemen penggunaan internet khusus untuk hal-hal yang penting dan mengurangi penggunaan yang tidak diperlukan. Cara mengatasi keterbatasan bandwidth yang lain dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud. Hal ini membantu Anda menyimpan data secara online. Cara yang lain adalah menggunakan caching yaitu menyimpan data pada komputer server.


2. Gangguan kerusakan pada kabel dan router


Kabel dan router internet merupakan perangkat keras yang perlu diperhatikan ketika jaringan internet lambat. Kerusakan dua perangkat ini sangat mempengaruhi kecepatan internet. Untuk mengatasi hal ini, perlu ada pencegahan maupun penanganan secara cepat ketika kabel dan router mengalami kendala.

Untuk pencegahan, kabel dapat diletakkan di tempat di mana hewan pengerat tidak akan menjamahnya. Selain pencegahan pada kabel, pemasangan daya listrik cadangan perlu dilakukan agar pada saat terjadi penurunan daya listrik saat bekerja, komputer tidak langsung padam. Dengan daya listrik cadangan, Anda dapat memperpanjang waktu kerja dan menyempatkan untuk menyimpan pekerjaan-pekerjaan Anda, terutama apabila Anda bekerja secara online.


3. Lokasi router tidak pas


Lokasi router mempengaruhi kestabilan laju internet. Pada penggunaan internet bersama di satu ruangan, router sebaiknya diletakkan jauh dari benda elektronik lain. Benda-benda elektronik tersebut mengganggu karena mengeluarkan gelombang elektromagnetik. Letak router yang tepat adalah di tengah ruangan dan bebas dari sekat. Dengan demikian, setiap sudut ruangan akan mendapat kecepatan internet yang sama dan stabil.


4. Adanya malware atau virus


Virus dan malware mempunyai peranan penting pada kestabilan internet. Virus dan malware menyerang dan memakan kapasitas bandwith sehingga kapasitas terlihat penuh meskipun yang menggunakan internet sedikit. Cara virus dan malware memakan kapasitas bandwith dengan duplikasi spam yang sangat banyak serta melakukan banyak aktivitas yang tidak diinginkan oleh user.  Perlambatan internet karena virus dan malware juga karena pengunduhan atau pengiriman file yang dilakukan secara masif sehingga seolah penggunaan internet padat. Dengan cara ini, internet akan sangat lebih lambat serta memperburuk kinerja operasional.


5. Kegagalan sistem pengaturan jaringan internet


Pemasangan jaringan internet perlu dilakukan oleh orang yang sudah ahli agar tidak ada kegagalan dalam sistem pengaturan jaringan. Pemasangan yang salah atau adanya kegagalan sistem pengaturan menyebabkan pengalaman penggunaan internet yang buruk. Kegagalan ini juga menyebabkan hilangnya sinyal internet dan berpengaruh pada keamanan jaringan baik dari faktor internal dan eksternal seperti pencurian data atau kerusakan pada kabel.
 
Dari permasalahan jaringan internet di atas, perlu adanya mitigasi, perencanaan, dan pengelolaan jaringan internet yang baik karena internet merupakan hal vital untuk menunjang pekerjaan. Pemilihan provider internet dan pemasangan dari tenaga profesional juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah provider dengan review yang baik dan memiliki reputasi bagus.