Salah satu perawatan kantor yang perlu dilakukan secara berkala adalah perawatan jaringan komputer. Perawatan ini perlu diagendakan mengingat komputer merupakan perangkat alat kerja yang sangat penting untuk keberlangsungan pekerjaan. Jenis-jenis perawatan komputer perlu Anda ketahui agar Anda dapat mengidentifikasi jenis perawatan apa yang akan diberikan kepada jaringan komputer di tempat kerja. Berikut empat jenis perawatan utama komputer tersebut:


1.    Perawatan preventif


Perawatan preventif berfungsi sebagai pencegahan kerusakan jaringan komputer ringan hingga kronis. Perawatan ini bersifat berkala dan terjadwal sehingga dapat mengidentifikasi kerusakan jaringan sedini mungkin. Komponen perawatan preventif antara lain berupa pembersihan perangkat keras komputer, pengecekan dan perawatan konektivitas jaringan, serta memperbarui perangkat lunak jaringan komputer mulai dari sisi keamanan, perbaruan program, dan juga menghapus program-program yang sudah tidak dibutuhkan agar ruang data lebih luas.  Pembersihan perangkat keras komputer perlu dilakukan untuk membersihkan debu dan mencegah kerusakan dari hewan pengerat.


Pendeteksian dini dalam perawatan preventif berfungsi untuk meningkatkan stabilitas komponen, memperpanjang waktu hidup, mengurangi adanya malfungsi, dan lebih meningkatkan keamanan karena adanya pengecekan secara berkala. Menggunakan perawatan preventif lebih menghemat biaya perbaikan karena Anda dapat mendeteksi jika ada malfungsi dari jaringan komputer.


2.    Perawatan korektif


Jenis perawatan kedua adalah perawatan korektif yang menekankan pada bagian tertentu ketika sudah terjadi kerusakan. Perawatan korektif sering juga disebut sebagai repair atau service yang biasa dilakukan dalam jaringan. Jika perawatan preventif dilakukan secara terjadwal dan berkala, perawatan korektif dapat dilakukan sewaktu-waktu ketika terdapat jaringan yang membutuhkan perbaikan.


Perawatan korektif terdiri dari perbaikan atau penggantian jaringan komputer, perbaikan atau pada perangkat keras, dan sekaligus memperbaiki jaringan perangkat lunak. Dalam perawatan ini, teknisi akan memberitahukan Anda mengenai keputusan untuk mengganti beberapa partisi yang harus diganti, terutama apabila partisi tersebut sudah terkena kerusakan dan malfungsi yang parah.


3.    Perawatan adaptif


Dalam lingkungan kerja, seringkali jaringan komputer memerlukan peningkatan maupun perubahan sistem agar terjadi peremajaan. Perubahan diperlukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan juga untuk meningkatkan kinerja. Selain itu terkadang kantor juga memerlukan perbaikan dalam instalasi interior yang berpengaruh pada jaringan komputer.


Perawatan adaptif membantu Anda agar kondisi jaringan komputer beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan beradaptasi dengan kinerja perusahaan yang dinamis. Perawatan ini terdiri dari pengurangan dan penambahan kebutuhan jaringan komputer, perbaikan perangkat lunak yang sesuai dengan iklim kerja baru, serta mengubah konfiguari jaringan komputer yang lama.


4.    Perawatan evolutif


Selain ketiga perawatan di atas, salah satu jenis perawatan yang perlu Anda tahu adalah perawatan evolutif. Jenis perawatan ini fokus pada jaringan dalam perangkat lunak dan bertujuan untuk memaksimalkan kinerja jaringan komputer. Oleh karena itu, perawatan evolutif bertujuan untuk menambah bandwith agar kecepatan internet lebih stabil, memperbarui dan meningkatkan keamanan jaringan, dan memperbarui sistem dalam perangkat lunak jaringan komputer.

Perawatan evolutif diperlukan untuk menjaga kerahasiaan data perusahaan. Sistem keamanan pada jaringan komputer sebaiknya diganti secara berkala agar keamanan data lebih terjamin.

Perawatan jaringan komputer di kantor sangat penting dilakukan sebab hal ini merupakan fondasi utama perusahaan. Pemahaman mengenai perawatan yang tepat penting dilakukan untuk memastikan jaringan berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kapasitas perusahaan. Dengan demikian, kantor Anda akan lebih aman menyimpan data serta mempermudah kinerja operasional. Oleh karena itu, pilihlah jasa perawatan jaringan yang profesional agar mendapat kualitas perawatan yang baik.